Cara Mencegah Kanker Serviks Pada Wanita


Cara Mencegah Kanker Serviks Pada Wanita |BloggerGado2 - Sangat memprihatinkan pada saat ini bahwa penyakit tersebut sungguh sangat berbahaya karena dan bila telah mengidap atau terjangkit penyakit ini, akan membawa nyawa taruhannya, tidak ada salahnya jika kita mencegah nya sebelum hal tersebut menimpa pada diri kita.



Wanita terancam kanker serviks tidak terkecuali bagi anda yang berusia produktif, atau sudah memasuki usia 35-50 tahun. Perempuan yang melakukan hubungan seksual dibawah usia 20 tahun beresiko terserang kanker rahim dua kali lipat. Sampai saat ini sulit ditemukan penderita kanker pada awal gejala karena kebanyakan 70% kasus penderita kanker serviks ditemukan pada stadium lanjut. Melakukan pencegahan dini merupakan aset terbesar untuk kesehatan alat reproduksi bunda.
Berikut makanan yang dapat membantu bunda mencegah keganasan kanker serviks :

1. Kubis
Brassica oleracea atau dikenal dengan kubis atau kol merupakan sayuran tertua yang berasal dari Asia -Mediterania yang memiliki 400 varietas kubis. Kubis mengandung fitonutrien dan vitamin A,C dan K. Kubis juga mengandung lupeol, sinigrin, DIM, I3C, sulforaphae untuk menghambat perkembangan sel kanker, termasuk kanker serviks. Kubis memiliki gizi tinggi bila dimakan mentah.

2. Brokoli dan bunga kol
Vitamin B yang terkandung di dalam brokoli dan bunga kol mampu mencegah kanker serviks. Terdapat kandungan folat yang mampu menurunkan pertumbuhan sel kanker serviks. Kandungan glucoraphanin, indole-3-carbinal ,senyawa antioksidan yang merupakan senyawa anti kanker. Tidak saja pada kanker serviks akan tetapi kanker prostat, kanker payudara.

3. Alpukat
Alpukat sangat disarankan untuk dikonsumsi untuk pencegahan kanker serviks karena terdapat 25 nutrisi. Alpukat mampu melawan radikal bebas karena kandungan glutation selain itu juga melindungi dari kanker karena kandungan asam oleat.

4. Raspberry, blueberry, blackberry
Kandungan antioksidan pada buah-buahan ras berry memiliki anti oksidan yang ternyata mencegah dan menghambat perkembangan yang semakin parah sel kanker serviks.

5. Wortel
Menurut penelitian, wortel mampu memperkuat imunitas tubuh dari serangan virus, termasuk virus penyebab kanker serviks. Selain itu juga wortel melindungi tubuh dari radikal bebas.

6. Teh hijau
Teh hijau  (Hanzi) terkenal di berbagai negara Tiongkok, Taiwan, Jepang, Asia Tenggara dan Hongkong dapat membantu anda melawan anti kanker karena kandungan polyphenol dan flavonoid yang dapat juga membuat pasif sel kanker dan membangun imunitas.Banyak olahan teh hijau dalam bentuk makanan dan minuman yang bisa bunda konsumsi.

7. Coklat
Kakao atau dikenal dengan nama ilmiah (Theobroma cacao)  yaitu coklat mengandung vitamin A, B, C, D dan E dan juga mengandung antioksidan dan flavonoid yang dapat membuat bunda terhindar dari radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker.

8. Tomat
Lycopene, carotenoid pigment yang telah dilakukan penelitian menunjukan mengurangi resikko kanker termasuk diantaranya kanker rahim atau kanker serviks. Manfaat tomat masih bisa anda dapatkan dari olahan tomat. Penelitian mengenai tomat mampu memerangi kanker serviks didukung oleh Harvad School of Public Health.

9. Minyak zaitun
Minyak  zaitun yang mengandung lemak tak jenuh mampu menjaga kesehatan bunda. Penelitian yang terakhir menemukan bahwa minyak zaitun dapat mencegah, mengobati kanker serviks dan menghentikan sel kanker. Apalagi dikonsumsi secara tepat dan teratur.

Dengan demikian makanan yang mengandung vitamin A,B, C, E, kalsium, beta karoten, polyphenol dan flavonoid mampu mencegah anda dari resiko kanker serviks. Berhati- hati dengan kanker serviks , bagi penderita kanker serviks biasanya datang ke dokter setelah memasuki tingkat stadium lanjut (stadium 3) yang menyebabkan pasien yang telah terinfeksi sulit disembukan karena telah terjadi kerusakan pada organ-organ tubuh anda. Pencegahan awal harus dilakukan termasuk dengan mengonsumi makanan sehat dan seimbang !

No comments:

Post a Comment

(