Wisata Pantai Amal Tarakan Kalimantan Utara


Wisata Pantai Amal Tarakan Kalimantan Utara |BloggerGado2 - Kota Tarakan merupakan kota satu-satunya Wilayah Provinsi Kalimantan Utara. Kota ini memiliki luas wilayah 250,80 km2 dan berpenduduk sekitar 239.787 jiwa. Selain itu, Tarakan juga dikenal sebagai “Bumi Paguntaka”, karena berada di sebuah pulau kecil diujung wilayah Kalimantan Utara.


Nah, jika ingin berlibur, objek pesona wisata di Kota Tarakan, gak kalah dengan wilayah lain. Berikut adalah tempat yang bisa dikunjungi sebagai wisata Pantai Amal Kota Tarakan.

Pantai Amal yang terletak di Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Utara atau daerah yang terkenal sebagai salah satu sumber minyak terbesar di Indonesia adalah salah satu tempat favorit warga Tarakan untuk menghabiskan waktu akhir pecan bersama keluarga dan rekan-rekan. 


Meski pantai amal tidak termasuk pantai berpasir putih seperti pantai di beberapa kawasan wisata di pulau Bali maupun pantai Indonesia lainnya. Namun, pantai amal tetap memiliki pesona pariwisata yang layak menjadi target dalam daftar kunjungan wisata di kota Tarakan. Pantai amal sendiri terbagi menjadi dua, yakni Amal Lama dan Amal Baru. 

Bagi masyarakat Tarakan khusnya kalangan pelajar, mahasiswa dan karyawan, pantai amal merupakan target alternatif refreshing untuk melepaskan kejenuhan. Selain memberikan wisata bahari pantai amal juga memberikan kuliner khas kota Tarakan berupa olahan makanan laut. 

Bila anda berkunjung ke Pantai Amal Lama, jangan sampai terlewatkan untuk mencicipi kuliner Kappah rebus (red, sejenis kerang) yang dipadukan dengan sambal dadakan (red, sambal mentah). Kappah tersebut bisa dikonsumsi langsung tanpa nasi atau menjadi lauk nasi, pecinta kuliner akan dimanjakan dengan tekstur kenyal dan gurih dari panganan seafood tersebut. 

Selain kappah, masih ada udang goring/ rebus, pisang dan singkong goreng yang dipadukan dengan sambal kacang. Pesona ini tentu memiliki daya tarik Wisata Bahari yang sudah menjadi buah bibir, tidak hanya bagi masyarakat Tarakan namun juga bagi masyarakat sekitar pulau Tarakan. 
Untuk wisata alam di kota Tarakan, kita dapat mengunjungi Pantai Amal yang berada di Desa Pantai Amal, kecamatan Tarakan Timur. Di Pantai ini ada dua anakan pantai yaitu pantai Amal Lama dan juga pantai Amal Baru.

Bagi yang suka mengisi liburan dengan pergi ke pantai, pantai Amal ini dapat menjadi alternatif pilihan anda dan keluarga. Suasana khas pantai, ditemani dengan pohon kelapa serta air laut yang biru, menjadi pemandangan alam yang memiliki cirri khasnya tersendiri.

No comments:

Post a Comment

(