Mengapa? Libido Seorang Pria Meningkat di Pagi Hari


Salah satu fenomena yang mungkin sering Anda alami di pagi hari adalah ketika Anda masih ingin tidur atau sedang bersiap untuk memulai aktivitas, suami malah begitu bergairah dan begitu menggebu untuk bercinta. Hal ini kemudian membuat Anda bertanya-tanya, mengapa libido pria mengingkat di pagi hari ketika Anda masih mengantuk ataupun ingin memulai aktivitas.
 

Hal lain yang perlu Anda ketahui bahwa tingkat hormon testosteron seorang pria telah mengalami peningkatan sebesar 25 hingga 50 persen daripada saat-saat lainnya sebelum dia bangun. Hal ini karena adanya suatu kelenjar yang terdapat di bawah otak, yang bernama kelenjar pituitary dan terletak di bawah otak, akan aktif sepanjang malam untuk memproduksi hormon testosteron sepanjang malam. Kelenjar ini akan memproduksi hormon testoren hingga mencapai puncak pada pukul 5 pagi. Hal inilah yang membuat libido pria meningkat dan membuatnya ereksi di pagi hari dalam dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Namun ternyata masih ada hal lain yang mempengaruhi gairah bercinta pria di pagi hari, yaitu kualitas tidurnya. Seorang pria yang mendapatkan tidur yang cukup dan nyenyak di pagi hari biasanya akan lebih mesra kepada istrinya ketika dia terbangun. Kemesraan ini biasanya dilakukan pada pukul 6 pagi, dimana mereka sudah benar-benar bangun dari tidurnya. Dan hasil ini juga dipengaruhi oleh hormon testosteron.

Sebuah hasil penelitian menemukan bahwa semakin lama dan semakin nyenyak tidur seorang pria, maka tingkat hormon testosteronnya juga akan semakin tinggi. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa seorang pria yang memiliki waktu tidur yang berkualitas, setidaknya selama 5 jam atau lebih, akan memiliki tingkat hormon testosteron 15 persen lebih tinggi daripada mereka yang tidur dibawah 5 jam. Hasil penelitian ini kemudian dimuat dalam Journal of the American Medical Association.

Biasanya hormon testosteron pria akan mencapai puncak tertingginya pada pukul 7 pagi. Setelah lewat dari pukul 7 pagi, tingkat hormon testosteron akan menurun dan digantikan oleh hormon kortisol, yang akan merupakan hormon stres. Hormon inilah yang kemudian menurunkan gairah seks seorang pria. Namun hormon ini juga akan membuat seseorang terbangun dan siap beraktivitas serta menjadi lebih waspada.

No comments:

Post a Comment

(